Aplikasi-aplikasi siklus produksi dan
keuangan
BAB VI
-
Siklus produksi
Siklus
hidup produk manajemen (atau PLCM) adalah suksesi
strategi yang digunakan oleh manajemen bisnis sebagai produk berjalan melalui
siklus hidup-nya. Kondisi di mana suatu produk dijual (iklan, saturasi)
perubahan dari waktu ke waktu dan harus dikelola sebagai bergerak melalui tahap
suksesi nya.
Siklus
hidup produk (PLC) Seperti
manusia, produk juga memiliki busur. Dari lahir sampai mati, manusia melewati
berbagai tahap misalnya kelahiran, pertumbuhan, kematangan, penurunan dan
kematian. Sebuah siklus hidup serupa terlihat dalam hal produk. Siklus hidup
produk berjalan melalui beberapa tahap, melibatkan disiplin profesional banyak,
dan membutuhkan banyak keterampilan, alat dan proses. Siklus hidup produk (PLC)
harus dilakukan dengan kehidupan sebuah produk di pasar sehubungan dengan
bisnis / komersial dan biaya langkah-langkah penjualan. Untuk mengatakan bahwa
suatu produk memiliki siklus hidup adalah untuk menegaskan tiga hal:
·
Produk
memiliki hidup yang terbatas,
·
Penjualan
produk melalui tahap yang berbeda, masing-masing tantangan yang berbeda
berpose, peluang, dan masalah kepada penjual,
·
Produk
memerlukan pemasaran yang berbeda, pembiayaan, manufaktur, pembelian, dan
strategi sumber daya manusia di setiap tahap siklus hidup.
Empat
tahap utama siklus hidup produk dan karakteristik yang menyertainya adalah:
1. Pasar tahap pengenalan
· biaya sangat
tinggi
· penjualan
lambat untuk memulai
· sedikit atau
tidak ada persaingan
· permintaan
harus dibuat
· pelanggan harus
diminta untuk mencoba produk
· membuat uang
pada tahap ini
2. Pertumbuhan tahap
· mengurangi
biaya karena skala ekonomi
· volume
penjualan meningkat secara signifikan
· mulai meningkat
· meningkatkan
kesadaran publik
· kompetisi mulai meningkat dengan
pemain baru dalam membangun pasar
· persaingan yang meningkat
menyebabkan penurunan harga
3. Kematangan tahap
· biaya
diturunkan sebagai akibat dari volume produksi meningkat dan mengalami efek
kurva
· puncak volume
penjualan dan kejenuhan pasar tercapai· peningkatan pesaing memasuki
pasar
· harga cenderung
turun karena proliferasi produk yang bersaing
· merek dan
diversifikasi fitur ditekankan untuk memelihara atau meningkatkan pangsa pasar
· Keuntungan
industri turun
4. aturasi dan. Tahap
penurunan
· biaya menjadi
kontra-optimal
· penurunan
volume penjualan
· harga,
mengurangi profitabilitas
· keuntungan
menjadi lebih tantangan produksi / distribusi efisiensi dari penjualan
meningkat
- Siklus keuangan
Manajemen keuangan dimulai dengan tujuan yang jelas proyek. Tujuan ini digunakan untuk mengembangkan sebuah rencana tindakan untuk mencapai mereka - rencana yang realistis, dapat dinilai dan merupakan cara yang paling efisien untuk mencapai tujuan. Rencana ini diterjemahkan ke dalam anggaran yang memberikan sumber daya untuk setiap aktivitas - penyusunan anggaran akan memberikan informasi tambahan tentang setiap aktivitas yang dapat menyebabkan rencana harus diubah. Ketika ini bagian dari siklus selesai, akan ada anggaran singkat yang mengalokasikan sumber daya untuk setiap aktivitas. Tujuannya adalah untuk membuat anggaran yang akan sedekat mungkin dengan operasi proyek yang sebenarnya.
Ketika proyek dimulai, akuntansi juga dimulai. Catatan akuntansi dan laporan pada semua transaksi keuangan. Ada dua jenis akuntansi - akuntansi organisasi formal yang dilakukan oleh bagian akuntansi organisasi dan manajemen akuntansi dilakukan oleh manajer proyek. Secara periodik, seluruh proyek, manajer transfer informasi dari laporan akuntansi ke dalam anggaran. Selama fase ini manajer terus menerus membandingkan proyeksi anggaran dengan hasil aktual dari akuntansi. Kegiatan ini dapat menyebabkan intervensi manajemen dalam proyek untuk menangani bidang-bidang yang menjadi perhatian.
Akhirnya, pada akhir proyek, manajer bersama dengan personil akuntansi akan menghasilkan serangkaian laporan hasil keuangan proyek. Laporan-laporan ini akan dimasukkan ke dalam laporan keseluruhan proyek dan memberikan informasi berharga untuk membantu dalam pengembangan proyek-proyek masa depan
Manajemen keuangan dimulai dengan tujuan yang jelas proyek. Tujuan ini digunakan untuk mengembangkan sebuah rencana tindakan untuk mencapai mereka - rencana yang realistis, dapat dinilai dan merupakan cara yang paling efisien untuk mencapai tujuan. Rencana ini diterjemahkan ke dalam anggaran yang memberikan sumber daya untuk setiap aktivitas - penyusunan anggaran akan memberikan informasi tambahan tentang setiap aktivitas yang dapat menyebabkan rencana harus diubah. Ketika ini bagian dari siklus selesai, akan ada anggaran singkat yang mengalokasikan sumber daya untuk setiap aktivitas. Tujuannya adalah untuk membuat anggaran yang akan sedekat mungkin dengan operasi proyek yang sebenarnya.
Ketika proyek dimulai, akuntansi juga dimulai. Catatan akuntansi dan laporan pada semua transaksi keuangan. Ada dua jenis akuntansi - akuntansi organisasi formal yang dilakukan oleh bagian akuntansi organisasi dan manajemen akuntansi dilakukan oleh manajer proyek. Secara periodik, seluruh proyek, manajer transfer informasi dari laporan akuntansi ke dalam anggaran. Selama fase ini manajer terus menerus membandingkan proyeksi anggaran dengan hasil aktual dari akuntansi. Kegiatan ini dapat menyebabkan intervensi manajemen dalam proyek untuk menangani bidang-bidang yang menjadi perhatian.
Akhirnya, pada akhir proyek, manajer bersama dengan personil akuntansi akan menghasilkan serangkaian laporan hasil keuangan proyek. Laporan-laporan ini akan dimasukkan ke dalam laporan keseluruhan proyek dan memberikan informasi berharga untuk membantu dalam pengembangan proyek-proyek masa depan
SOAL:
1.Ada berapa
tahap pada siklus ?
A.4 B. 5 C.5 D.7 Jawabannya
: A
2.sebutkan
salah satu tahap pematangan ?
A. peningkatan pesaing memasuki pasar C. harga, mengurangi profitabilitas
B. biaya menjadi kontra-optimal D. meningkatkan kesadaran public
Jawabannya
: A
3.
Apa yang di maksud dengan Siklus hidup produk manajemen ?
adalah
suksesi strategi yang digunakan oleh manajemen bisnis sebagai produk berjalan
melalui siklus hidup-nya
4.Sebutkan
salah satu Pasar tahap pengenalan ?
· biaya sangat
tinggi
· penjualan
lambat untuk memulai
· sedikit atau
tidak ada persaingan
5.sebutkan
Pertumbuhan tahap ?
· mengurangi
biaya karena skala ekonomi
· volume
penjualan meningkat secara signifikan
· mulai meningkat
· meningkatkan
kesadaran publik
Tidak ada komentar:
Posting Komentar