BAB 12
PERENCANAAN DAN ANALISIS SISTEM
12. Perencanaan dan Analisis Sistem
Analisis Sistem merupakan Penguraian dari suatu sistem informasi
yang utuh ke dalam bagian-bagian komponennya dengan maksud untuk
mengidentifikasikan dan mengevaluasi permasalahan, kesempatan, hambatan yang
terjadi dan kebutuhan yang diharapkan sehingga dapat diusulkan perbaikan.
Perencanaan sistem adalah proses membuat sebuah laporan
perencananaa sistem yang menggunakan sumber sistem informasi yang berhubungan
dan mendukung tujuan bisnis dan operasi organisasi.
Perencanaan sistem dilakukan saat suatu kegiatan akan
berjalan.tujuannnya untuk melihat kesempatan memanfaatkan teknologi informasi
dan membangun proyek sistem yang mendukung tujuan bisnis.
12.1 Perencanaan sistem dan analisis kelayakan
• Analisis kelayakan
Tujuannya adalah :
a. Menentukan kemungkinan keberhasilan solusi yang diusulkan.
b. Berguna untuk memastikan bahwa solusi yang diusulkan tersebut
benar – benar dapat dicapai dengan sumber daya dan dengan memperhatikan kendala
yang terdapat pada perusahaan serta dampak terhadap lingkungan sekeliling.
• Perencanaan sistem dan analisis sistem mencakup 7 tahap yaitu
:
1. Pembahasan dan perencanaan pada tingkat manajemen puncak.
2. Penetapan dewan pengarah perencanaan sistem.
3. Penetapan tujuan dan batasan keseluruhan.
4. Pengembangan perencanaan sistem informasi strategik.
5. Identifikasi dan memprioritaskan area spesifik dalam
organisasi
sebagai focus pengembangan sistem.
6. Pembuatan proposal sistem untuk mendukung dasar analisis dan
perancangan awal sub system tertentu.
7. Pembentukan tim untuk tujuan analisis perancangan awal
sistem.
• Tugas – tugas analisis kelayakan :
1. Penentuan masalah dan peluang yang dituju sistem.
2. Pembentukan sasaran sistem baru.
3. Pengidentifikasian para pemakai sistem
• Metode penentuan penganggaran modal :
1. Payback period
2. Net present value
3. Internal rate of return
4. Modified internal rate of return.
• Ukuran kelayakan :
1. Teknologi
2. Ekonomi
3. Non ekonomi
4. Organisasi atau operasional
5. Jadwal
12.2 Langkah-langkah analisis sistem
Langkah-langkah analisis sistem :
1. Identify , mengidentifikasi masalah merupakan langkah
pertaman yang dilakukan dalam tahap analisis sistem. Tugas yang harus dilakukan
analis sistem adalah :
a. Mengidentifikasi penyebab masalah
b. Mengidentifikasi titik keputusan
c. Mengidentifikasi personil – personil kunci
2. Understand, memahami kerja sistem yang ada
Langkah ini dapat dilakukan dengan mempelajari secara terinci
bagaimana sistem yang ada beroperasi. Diperlukan data yang dapat diperoleh
dengan cara melakukan penelitian.Sejumlah data perlu dikumpulkan dengan
menggunakan teknik pengumpulan data yang ada yaitu wawancara, observasi, daftar
pertanyaan dan pengambilan sampel
3. Analyze, Menganalisis sistem
Langkah ini dilakukan berdasarkan data yagn telah diperoleh dari
hasil penelitian yang telah dilakukan. Berdasarkan pertanyaan dan kriteria ini,
selanjutnya analis sistem akan dapat melakukan analis dari hasil penelitian
dengan baik untuk menemukan kelemahan dan permasalahan dari sistem yang ada.
Report , membuat laporan hasil analisis.
Laporan hasil analisis diserahkan ke Panitia Pengarah yang
nantinya akan diteruskan ke manajemen. Pihak manajemen bersama-sama dengan
panitia pengarah dan pemakai sistem akan mempelajari temuan-temuan dan analis
yang telah dilakukan oleh analis sistem yang disajikan dalam laporan ini.
Tujuan utama dari penyerahan laporan ini kepada manajemen
adalah:
1. Analisis telah dilakukan,
2. Meluruskan kesalah pengertian mengenai apa yang telah
ditemukan dan dianalisis sistem tetapi tidak sesuai menurut manajemen,
3. Meminta pendapat dan saran dari pihak manajemen, dan
4. Meminta persetujuan kepada pihak manajemen untuk melakukan
tindakan.
12.3 Teknik-teknik pengkumpulan fakta
Fakta merupakan bagian dari informasi yang menunjukkan realita ,
situasi, dan relasi yang menjamin analisis permodelan.
Ada tiga sumber yaitu :
1.Sistem yang berjalan
menyediakan kesempatan untuk menetukan apakah sistem
memuaskan,perlu sedikit perbaikan, membutuhkan pemeriksaan yang besar, atau
diganti.Juga menyediakan sumber ide perancangan untuk membantu analis
mengidentifikasikan sumber yang ada bagi sistem yang baru.
2.Sumber internal lainnya
Sumber yang utama adalah orang yang akan menggunakan system yang
baru.Sumber kedua didapat dari dokumen kerja yang ada dalam organisasi. Dokumen
dapat diklasifikasikan misalnya struktur organisasi, apa yang sudah dilakukan
organisasi, dan rencana apa yang akan dilakukan organisasi
3.Sumber eksternal
Informasi yang berasal dari luar organisasi membuka cakrawala
ide dan teknik. Banyak industri dari kelompok dan seminar memberikan.
12.4 Teknik-teknik mengorganisasikan fakta
Teknik untuk mengorganisasikan fakta terdiri dari :
• Analisis pengukuran kinerja
• Analisis Distribusi kerja
• Analisis Fungsional
• Analisis Matriks
12.5 Analisis sistem terstruktur
Adalah Salah satu pendekatan formal pertama untuk analisis
sistem informasi. Analisis ini terfokus pada aliran data dan proses bisnis dan
perangkat lunak. Analisis ini disebut proses oriented. Analisis terstruktur
sederhana dalam konsep. Proses analis menggambarkan serangkaian proses dalam
bentuk diagram alir data (Data Flow Diagram) yang menggambarkan proses yang ada
atau yang diusulkan bersama-sama dengan input , output dan file mereka.
1.
Apa
yang di maksud dengan Analisis Sistem ?
Jawabannya : Analisis Sistem merupakan Penguraian dari
suatu sistem informasi yang utuh ke dalam bagian-bagian komponennya dengan
maksud untuk mengidentifikasikan dan mengevaluasi permasalahan, kesempatan,
hambatan yang terjadi dan kebutuhan yang diharapkan sehingga dapat diusulkan
perbaikan
2.
Apa yang di maksud dengan perencanaan ?
Jawabannya : Perencanaan sistem adalah proses membuat
sebuah laporan perencananaa sistem yang menggunakan sumber sistem informasi
yang berhubungan dan mendukung tujuan bisnis dan operasi organisasi
3.
Apa
yang di maksud dengan Analisis sistem terstruktur
?
Jawabannya : Analisis sistem terstruktur Adalah
Salah satu pendekatan formal pertama untuk analisis sistem informasi
Pilihan ganda
4.
Sebutkan
salah satu Teknik untuk mengorganisasikan fakta ?
A. Analisis
pengukuran kinerja
B. Analisis
sistem terstruktur
C. Analisis
tak terstruktur
D. Anilisis
program
Jawabannya
: A
5.
Sebutkan
salah satu sumber tehknik pengumpulan fakta ?
A. .Sistem yang berjalan
B. Analisis
tak terstruktur
C.
Anilisis program
D. Analisis
sistem terstruktur
Jawabannya : A
Tidak ada komentar:
Posting Komentar